penalaran induktif

.

penalaran adalah bentuk tertinggi dari pemikiran,dan sebab itu lebih rumit di banding pengertian dan proporsisi,
secara sederhana penalaran dapat di definisikan sebagai proses pengambilan kesimpulan berdasarkan proposisi-propisisi yang mendahuluinya.
Penalaran adalah Suatu tahap pemikiran dan pembelajaran manusia untuk menghubungkan antara data dengan fakta yang ada sehingga pada akhirnya terdapat kesimpulan yg dapat diambil.
contoh:
kaca 1 di banting dan pecah
kaca 2 di banting dan pecah
kaca 3 di banting dan pecah
kaca 4 di banting dan pecah
dan seterusnya
jadi: semua kaca yang di banting pecah

penjelasan: penalaran di buat berdasar kan pernyataan sebelumnya yang kemudian di buat seperti kesimpulan untuk pernyataan-pernyataan sebelumnya tadi.
penalaran induktif suatu cara berpikir untuk menarik “kesimpulan umum” berdasarkan pengamatan-pengamatan atas gejala-gejala yang bersifat “khusus”
dan Penlaran induktif adalah proses penalaran untuk manari kesimpulan berupa prinsip atau sikap yang berlaku umum berdasarkan fakta – fakta yang bersifat khusus, prosesnya disebut Induksi. Penalaran induktif tekait dengan empirisme. Secara impirisme, ilmu memisahkan antara semua pengetahuan yang sesuai fakta dan yang tidak. Sebelum teruji secara empiris, semua penjelasan yang diajukan hanyalah bersifat sentara. Penalaran induktif ini berpangkal pada empiris untuk menyusun suatu penjelasan umum, teori atau kaedah yang berlaku umum.
contoh:logam tembaga,logam besi,logam alumunium jika dipanaskan bertambah panjang/
kesimpulan :semua logam jika di panaskan akan bertambah panjang.

Macam – Macam Penalaran Induktif
Ada 2 jenis penalaran induksi :
a. Generalisasi
Penalaran generalisasi dimulai dengan peristiwa – peristiwa khusus untuk untuk mengambil kesimpulan umum. Generalisasi adalah pernyataan yang berlaku umum untuk semua atau sebagian besar gejala yang diminati generalisasi mencakup ciri – ciri esensial, bukan rincian.
contoh:
saat ini banyak yang kasus tentang plagiarisme atau di jiplak,entah itu dalam bentuk lagu yang di jiplak syairnya atau aransemen musiknya film yang di jiplak bahkan budaya-budaya yang berkembang pun banyak terjadi plagiarisme.
fakta nya kreatifitas harus di tingkatkan kembali agar terhindar dari plagiarisme.

Macam – macam generalisasi :
·   Generalisasi sempurna (tanpa loncatan induktif)
Adalah generalisasi dimana seluruh fenomena yang menjadi dasar penyimpulan diselidiki. Generalisasi macam ini memberikan kesimpulan amat kuat dan tidak dapat diserang. Tetapi tetap saja yang belum diselidiki.
·       Generalisasi tidak sempurna(dengan loncatan induktif)
Adalah generalisasi berdasarkan sebagian fenomena untuk mendapatkan kesimpulan yang berlaku bagi fenomena sejenis yang belum diselidiki.
Penalaran generalisasi bertolak dari satu atau sejumlah fakta (fenomena atau peristiwa) khusus yang mempunyai kemiripan untuk membuat sebuah kesimpulan. Sejumlah peristiwa khusus dibuat dalam bentuk kalimat, kemudian pada akhir paragraf diakhiri dengan kalimat yang berisi generalisasi dari peristiwa. Peristiwa khusus yang disebutkan pada bagian awal.
b.      Analogi
Adalah membandingkan dua hal yang banyak persamaanya. Kesimpulan yang diambil dengan jalan analogi, yakni kesimpulan dari pendapat khusus dari beberapa pendapat khusus yang lain, dengan cara membandingkan situasi yang satu dengan yang sebelumnya.Analogi juga dapat dikatakan sebagai proses membandingkana dari dua hal yang berlainan berdasarkan kesamaannya kemudian berdasarkan kesamaannya itu ditarik suatu kesimpulan.
contoh:Kita banyak tertarik dengan planet mars, karena banyak persamaannya dengan bumi kita. Mars dan Bumi menjadi anggota tata surya yang sama. Mars mempunyai atsmosfir seperti bumi. Temperaturnya hampir sama dengan bumi. Unsur air dan oksigennya juga ada. Caranya mengelilingi matahari menyebabkan pula timbulanya musim seperti bumi. Jika bumi ada mahluk. Tidaklah mungkin ada mahluk hidup diplanet Mars.

source:

(http://v4z4.wordpress.com/2010/05/13/pengertian-penalaran/)
(http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/filsafat_ilmu/bab6-penalaran.pdf)
(http://www.mizan-poenya.co.cc/2010/12/makalah-penalaran-deduktif-induktif.html)

Published by kautsarz

i'm a girl who loves food....music.... and many more....

Leave a comment